Puncak Perinatan HUT Satpol PP Ke-62 di Bali


Situasi yang tertib dan tenteram di masyarakat pada gilirannya akan berdampak pada situasi keamanan kondusif dan situasi keamanan yang kondusif akan memperkuat ketahanan nasional secara umum. Hal ini disampaikan pada sambutan tertulis Menteri Dalam Negeri RI yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Bali I Made Jendra pada apel puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke-62 digelar di Lapangan I Gusti Agung Made Agung, Denpasar, Sabtu (3/3) pagi. Mendagri mengatakan tugas Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat adalah melaksanakan urusan pemerintahan umum yang meliputi koordinasi penyelenggaraan pemerintahan antara pemerintah daerah provinsi dengan pemerintah daerah kabupaten/kota di wilayah provinsi yang bersangkutan. “Ini artinya termasuk di dalamnya masalah penegakan peraturan daerah dan penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat yang merupakan tugas pokok dan fungsi satuan polisi pamong praja,” ujarnya.

Jadi tugas pemerintah pusat dalam melakukan koordinasi, pembinaan dan pengawasan bidang ketertiban umum dan ketentraman masyarakat di kabupaten/kota dapat didelegasikan kepada Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat. Sekda Provinsi Bali I Made Jendra SH mengatakan melalui HUT Satpol PP ke-62 ini Satpol PP harus meningkatkan profesionalisme dalam melaksanakan tugas-tugasnya sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. “pertama tugas Satpol PP dalam hal penegakan perda, yang kedua dalam hal penyelenggaraan pemerintahan umum dan ketertiban masyarakat,”imbuhnya. HUT Satpol PP ke-62 ini mengambil tema ”Dengan Semangat HUT Satpol PP ke-62, Satuan Polisi Pamong Praja Siap Mengawal Penguatan Peran Gubernur Sebagai Wakil Pemerintah Pusat di Daerah Bidang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat Melalui Optimalisasi Penegakan Peraturan Daerah dan Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat”.

Apel yang berlangsung dibawah guyuran hujan ini dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Bali IGB Alit Putra, Wawakot Denpasar AA Jayanegara, Wabup Bangli Nyoman Sedana Arta, Wabup Klungkung Tjokorda Gde Agung, Wabup Karangasem I Made Sukerana, jajaran Forkopimda, anggota DPRD Bali dan Kota Denpasar, jajaran SKPD Provinsi Bali dan Kota Denpasar serta anggota Satpol PP dari seluruh Kabupaten/Kota se-Bali.

Agenda Lainnya

Cari Agenda