Sosialisasi Hasil Munas Ii Lpm Tahun 2010 Di Kecamatan Kintamani

  • 02 Oktober 2012
Sosialisasi Hasil Munas II LPM Tahun 2010 di Kecamatan Kintamani

Sebagai upaya peningkatan fungsi dan peran Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) di wilayah Kecamatan Kintamani, BPMPD bersama DPD LPM Provinsi Bali diantaranya DR. I Wayan Wana Pariartha,SE,M.Si, I Made Mandi Widhiana,SH,MH dan I Wayan Gede Suyatartha,SE,MBA menyelenggarakan sosialisasi Hasil Musyawarah Nasional II Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Tahun 2010 dengan peserta yang dihadiri oleh Ketua dan Sekretaris LPM Desa se-Kecamatan Kintamani (25/9).

Wayan Wana dalam pemaparannya , menyatakan kedudukan LPM Desa sebagai mitra pemerintah desa dalam menampung dan mewujudkan aspirasi dan kebutuhan masyarakat dibidang pembangunan. LPM mempunyai peran dalam perencanaan, pelaksanaan, pengendalian serta pengawasan terhadap program dan kegiatan di desa. Di beberapa daerah ditemukan berbagai kekeliruan dalam mengimplementasikan fungsi dan peran LPM Desa, karena hanya berfungsi dalam proses perencanaan saja.

Dengan adanya kebijakan pemerintah tentang Alokasi Dana Desa, desa dituntut agar mampu menyelenggarakan pemerintahan baik dalam proses perencanaan, pelaksanaan, pengendalian maupun pengawasan terhadap pembangunan di desa. Disinilah diperlukan peran LPM sebagai mitra pemerintah desa, seperti diungkapkan Made Mandi dalam memberikan materi Pedoman Umum LPM.

Sedangkan Wayan Gede Suyatartha, menyatakan pengurus LPM di desa agar mampu dan siap dalam mengembangkan potensi desanya melalui peningkatan program kerja yang berbasis ekonomi kerakyatan, sehingga tidak hanya tergantung pada pemerintah saja. (sup)

  • 02 Oktober 2012

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita